PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA, BAHASA DAERAH, DAN BAHASA INGGRIS DALAM STATUS DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Main Article Content

M. Imelda Kusumastuty

Abstract




Seiring dengan maraknya media sosial di era global dan milenial ini, pengguna media sosial—terutama kaum muda—semakin bertambah dari hari ke hari termasuk di Indonesia. Para pengguna media ini dapat membuat status dalam bentuk teks, yang dapat diguna k a n untuk melihat kecenderunga n pengguna a n bahasa mereka. Dala m makalah ini peneliti ingin melihat preferensi penggunaan bahasa di media sosial Facebook dan mengidentifikasi apakah para pengguna tersebut lebih cenderung menggunaka n bahasa Inggr is sebaga i bahasa internas io na l, tetap mempertaha nk a n bahasa Indone s ia sebagai bahasa nasional, atau malah lebih memilih mempertahanka n kelestarian bahasa daerah. Peneliti juga ingin melihat dalam situasi apa dan bagaimana pengguna menggunakan pilihan bahasanya tersebut. Data diperoleh dari status Facebook dari 15 (lima belas) orang warga negara Indonesia yang di-posting selama bulan Januari 2019 hingga Juni 2019. Para pengguna tersebut semuanya berlatar belakang mahasiswa, alumni, guru, atau dosen bahasa Inggris dan menguasai juga bahasa daerah dalam hal ini bahasa Jawa. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejauh ini bahasa Indonesia tetap menjadi preferensi utama, disusul oleh bahasa Inggris di tempat kedua, dan bahasa daerah berada pada posisi terakhir. Secara umum pengguna lebih cenderung menggunak a n bahasa Indonesia na mun pada beberapa situasi tertentu mereka beralih ke bahasa Inggris atau bahasa daerah.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
M. Imelda Kusumastuty. (2019). PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA, BAHASA DAERAH, DAN BAHASA INGGRIS DALAM STATUS DI MEDIA SOSIAL FACEBOOK. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Sesanti), 448–456. Retrieved from http://eprosiding.fib-unmul.id/index.php/sesanti/article/view/34
Section
Articles