Seminar Sastra, Bahasa, dan Seni (Sesanti) merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Seminar ini dimulai pada tahun 2019 dan dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Ruang lingkup seminar ini khususnya kajian-kajian bidang kebudayaan, seperti kajian bahasa, kajian sastra, dan kajian seni. 

ISSN cetak: 2685-2756
ISSN elektronik: 2776-9992

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni (Sesanti) 2021

Pandemi Covid-19 mengubah wajah dunia begitu cepat dan dramatis. Semua lini kehidupan dipaksa meninggalkan kebiasaan lama dan beralih ke kebiasaan baru untuk merespons dampak virus tersebut. Ilmu pengetahuan dipaksa bekerja mencari solusi atas permasalahan yang ditinggalkannya. Begitu pun bahasa, sastra, dan seni. Merespons hal tersebut, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman menyuguhkan sebuah tema dalam Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Seni (Sesanti) 2021, yakni “Bahasa, Sastra, dan Seni Pascapandemi.”

Tema tersebut muncul sebagai tanggapan atas penurunan angka penderita Covid-19 di Indonesia. Tren penderita Covid-19 di Indonesia menunjukkan penurunan yang signifikan. Secara perlahan, terjadi pelonggaran aturan di berbagai aspek. Sebagai contoh, pemerintah mulai menghapus tes PCR sebagai syarat perjalanan. Kabar gembira itu sepatutnya disyukuri sambil tetap menjaga kesehatan diri karena pandemi belum sepenuhnya selesai. Sebagai bentuk optimisme, kata “pascapandemi” dipilih sebagai kata kunci dalam seminar yang rutin diselenggarakan dua tahun sekali ini.

Sesanti 2021 hadir dengan bentuk yang berbeda, yakni perpaduan seminar tatap muka dan virtual. Sesanti 2021 menghadirkan tiga narasumber, yakni Dr. Aton Rustandi Mulyana, M.Sn., dari Institut Seni Indonesia Surakarta, Dr. Johanes Haryatmoko, SJ., dari Universitas Sanata Dharma, dan Dr. Redyanto Noor, M.Hum., dari Universitas Diponegoro. Di samping itu, turut tersaji 39 makalah yang dipresentasikan secara pararel dengan tiga subtema, yakni seni dan budaya, bahasa dan sastra, serta pendidikan dan pengajaran.

Pada akhirnya, selamat    membaca,    menyimak,    dan    (jika mungkin)  melanjutkan  hasil  penelitian  yang  telah  dipresentasikan pada  Sesanti  2021 yang terkumpul  dalam  prosiding  ini.  Sejatinya, pengembangan    kualitas    sebuah    masyarakat    diawali    dengan membaca, meneliti, dan terus mencari temuan baru.

Pada akhirnya, selamat menikmati suguhan materi yang disajikan dalam prosiding ini.

 

Pembicara Utama:
Dr. Anton Rustandi Mulyana, M.Sn.
Dr. Johanes Haryatmoko, S.J.
Dr. Redyanto Noor, M.Hum.

 

Editor:
Indrawan Dwisetya Suhendi, S.S., M.Hum.
Eka Yusriansyah, S.Pd., M.Hum.
Bayu Arsiadhi Putra, S.Sn., M.Sn.
Alfian Rokhmansyah, S.S., M.Hum.
Rizki Wardhana, S.Kom.

 

Prosiding ini diterbitkan dalam bentuk elektronik dengan e-ISSN: 2776-9992 dan bentuk cetak dengan p-ISSN: 2685-2756

Published: 07-11-2021

PERFORMANSI MANTRA DI KALANGAN MASYARAKAT BANJAR

Ian Wahyuni, Purwanti Purwanti, Muhammad Sayuti

33-43

RETORIKA PADA BAGIAN METODE PENELITIAN ARTIKEL ILMIAH JURNAL LITERA

Ferinda Ayuniar Putri, Benedictus Sudiyana, Muhlis Fajar Wicaksana

140-145

THE CORRELATION BETWEEN PRONUNCIATION ANXIETY AND MOTIVATION

Amedea Cathriona Maharia, Noor Rachmawaty, Susilo Susilo

233-241

GENDER STRUGGLE OF MAIN CHARACTER IN EDITH WHARTHON’S THE HOUSE OF MIRTH NOVEL

Fergie Eka Wahyu Nusantara, Nasrullah Nasrullah, Jonathan Irene Sartika Dewi Max

381-390

View All Issues