KONTEKS KE-DILAN-AN DALAM IKLAN NIAGA DAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI ADAPTASI NOVEL DILAN KARYA PIDI BAIQ
Main Article Content
Abstract
Novel seri Dilan telah dialihwahanakan ke dalam beberapa media, yakni film, permainan, dan komik digital. Novel seri Dilan bahkan diadaptasi ke dalam konten iklan oleh beberapa perusahan dan partai politik. Penelitian ini membahas konteks ke-dilan-an pada iklan niaga Komix Herbal dan iklan layanan masyarakat Partai Perindo. Konteks tersebut mengacu pada ujaran-ujaran yang terdapat dalam novel dan visualisasi pada film. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana konteks ke-dilan- an ditampilkan dalam iklan niaga Komix Herbal dan Iklan Layanan Masyarakat Partai Perindo. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan menggunakan acuan berupa artikel dan buku. Hasil penelitia n menunjukkan bahwa kedua iklan tersebut mengadaptasi ujaran yang terdapat dalam novel Dilan; Dia adalah Dilanku Tahun 1990 dan Dilan; Dia adalah Dilanku Tahun 1991, serta visualisasi ciri khas tokoh Dilan dan Mileayangditampilkan dalamfilmDilan1990.Akantetapi,daribeberapa sifat yang dimiliki oleh tokoh Dilan, kedua iklan hanya mengadaptasi sifat romantisnya saja. Selain itu, berdasarkan analisis yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa kedua iklan memanfaatkan momentum kesuksesan Dilan baik novel maupun film, serta pada iklan Partai Perindo ditemukan isyarat visi dan misi partai, juga keberpihakan politik.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.