TINDAK TUTUR EKSPRESIF PADA NOVEL GITANJALI KARYA FEBRIALDI R. DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif pada novel Gitanjali karya Febrialdi R. serta untuk menjelaskan relevansi tindak tutur ekspresif dalam pembelajaran di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa kata-kata, frasa, atau kalimat yang tergolong dalam tindak tutur ekspresif yang terdapat pada novel Gitanjali karya Febrialdi R. yang diterbitkan pada tahun 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode padan pragmatis dan inferensi. Pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian terhadap bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif pada penelitian ini yaitu tindak tutur ekspresif meliputi memuji, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, berbelasungkawa atau bersimpati, dan marah atau jengkel memiliki dua proses penuturan, yaitu tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Dari ketiga bentuk tindak tutur tersebut, bentuk tindak tutur langsung merupakan bentuk tindak tutur yang paling banyak ditemukan. Hal tersebut menunjukkan bahwa penutur yaitu para tokoh di dalam novel Gitanjali karya Febrialdi R. lebih suka mengungkapkan tuturannya secara langsung sehingga mitra tutur lebih cepat memahami maksud tuturan dari penutur. Hasil dari penelitian ini juga dapat direlevansikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester ganjil dengan (KD) 3.11 menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca dengan indikator mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun cerita fiksi yang dibaca; menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.