INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS PELESTARIAN BUDAYA DAYAK
Main Article Content
Abstract
Kebesaran dan keunikan budaya Dayak sudah seharusnya diperkenalkan lebih baik kepada masyarakat Indonesia sendiri dan juga masyarakat mancanegara. Salah satu kegiatan yang dapat mensosialisasikan dan meningkatkan motivasi generasi muda untuk melestarikan budaya adalah dengan menyediakan bahan ajar bahasa Inggris berbasis budaya, khususnya Dayak, di tingkat Sekolah Menengah Atas. Bahan ajar memiliki nilai ilmu yang tinggi dan penting untuk pendidikan budaya siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tema apa dalam bahan ajar yang dapat memotivasi dan menambah wawasan siswa SMA dalam melestarikan budaya, khususnya Dayak, dan (2) untuk mengetahui bagaimanakah rancangan bahan ajar bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMA dalam melestarikan budaya, khususnya Dayak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan karena menghasilkan produk berupa bahan ajar. Data yang diperlukan untuk penelitian ini berupa materi pelajaran yang diperoleh dengan mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan bahan ajar, tema, dan rancangan bahan ajar yang berkaitan dengan adat, seni, dan budaya suku Dayak. Adapun tema atau topik yang akan disajikan sebagai hasil dari penelitian ini berupa: pakaian adat Dayak, macam-macam budaya Dayak, kuliner khas Dayak Kaltim, musik tradisional Dayak Kaltim, ritual adat suku Dayak Kaltim, tarian tradisional Dayak Kaltim, dan suku Dayak yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Sementara itu, rancangan bahan ajar disusun dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia berisikan konten budaya dalam bentuk teks bacaan beserta tugas/aktivitas yang diterbitkan dalam bentuk buku.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.