PENERAPAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA
Main Article Content
Abstract
Salah satu kemampuan menulis yang harus dikuasai siswa adalah menulis teks eksposisi. Pada pembelajaran menulis, kemandirian sangat dibutuhkan, karena siswa diharuskan dapat melakukan sesuatu tanpa campur tangan orang lain. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat diidentifikasi permasalahan siswa dalam 1. Kemampuan menulis teks eksposisi, 2. Kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test design. Kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan metode penemuan, sedangkan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 33,29 dan kelas kontrol 33,92, kemudian hasil uji T pretest diperoleh sig. 0,595. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 74,92, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66,71, kemudian perhitungan MannWhitney pada posttest diperoleh hasil 0,001. Nilai rata-rata kemandirian belajar siswa kelas eksperimen 87,83, sedangkan kelas kontrol 76,00. Berdasarkan hasil uji MannWhitney diperoleh sig. 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi dan kemandirian belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode penemuan lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa. Serta, terdapat asosiasi yang tergolong tinggi sekali antara kemandirian belajar siswa dengan kemampuan menulis teks eksposisi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.