NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MATA DI TANAH MELUS KARYA OKKY MADASARI

Main Article Content

Norma Atika Sari
Eka Yusriansyah

Abstract




Penelitian ini berfokus pada analisis aspek nilai personal dan nilai pendidikan di dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan teori sastra anak. Pada analisis perkembangan nilai personal (personal values) akan mendeskripsikan nilai perkembangan; (a) emosional, (b) intelektual, (c) imajinasi, (d) rasa sosial, serta (e) rasa etis dan religius yang termuat di dalam novel. Sedangkan pada analisis perkembangan nilai pendidikan (educational values) akan mendeskripsikan aspek; a) eksplorasi dan penemuan, b) perkembangan bahasa, c) nilai keindahan, d) wawasan nilai kultural, serta e) penanaman kebiasaan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel menyajikan komponen nilai personal dan nilai pendidikan yang sangat lengkap. Pembaca anak tidak hanya dibuat terhibur dengan konflik yang dimunculkan, namun juga sarat akan nilai pendidikan. Kritik terhadap novel ini adalah bahasa yang digunakan terlalu kompleks untuk dipahami anak-anak, namun novel berhasil mengajarkan mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam kepada generasi muda; menghargai keberagaman suku budaya (multikulturalisme), serta menanamkan kebiasaan membaca. Membaca novel direkomendasikan untuk anak-anak mulai dari usia 10 tahun sebagai bagian dari pembelajaran dengan bimbingan guru/orang tua, membaca novel juga direkomendasikan untuk remaja dan orang dewasa.




Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, N. A., & Yusriansyah, E. (2021). NILAI PERSONAL DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MATA DI TANAH MELUS KARYA OKKY MADASARI. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Sesanti), 179–191. Retrieved from https://eprosiding.fib-unmul.id/index.php/sesanti/article/view/64
Section
Articles